Jawaban rumput yang bergoyang

aku memang bukan manusia
aku memang bukan hewan
yang mampu mengeluarkan suara
yang mampu didengar sesamanya
Aku hanyalah seberkas rumput
rumput kering yang mungkin tak lama lagi mati
Tapi aneh
Mengapa ada orang yang menyuruh sesamanya bertanya kepadaku
bukan kah mereka tak tahu apa kataku
juga sulit menemukan diriku saat bergoyang

TERNYATA MEREKA MEMANG CERDAS
tetapi mereka tidak lebih cerdas dari aku
buktinya
saat mereka mentok bertanya
kepada manusia
kepada karang
kepada ombak
kepada matahari
dan semua diam semua bisu
bahkan langit pun diam seribu bahasa

tinggallah anak manusia itu sendirian
bertanya kepadaku
“Mengapa di tanah ku terjadi bencana”

INILAH JAWABKU
bukan alam enggan bersahabat denganmu
bukan Tuhan enggan melihat tingkahmu

tetapi karena kau tak mau memahami alam
apalagi memahami Tuhan

kau hancurkan alam
ciptaan Tuhan

engkau abaikan larangan Tuhan
engkau lupakan perintah-Nya

semoga dengan aku bergoyang
seiring dengan bergoyangnya alam
kusampaikan jawabku padamu hai anak manusia
dengan goyangan yang lembut
yang menidurkan sesamamu
yang juga(seharusnya) membangunkan juga
segelintir dari mereka yang terlelap

bangunlah
bangunlah
bangunlah
hai kau yang terlelap
JANGAN SAMPAI AKU MENIDURKANMU SELAMANYA

inspirated by song of EBIET G ADE

Leave a Reply

