Langkah Kecil

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang damai dan sejahtera. Sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memilikinya. Banyak di sekitar kita yang memiliki kehidupan yang makmur sejahtera damai aman sentosa. Namun demikian, masih banyak diluar area kehidupan kita sehari-hari yang tidak seberuntung keadaan yang kita alami. Sadarkah bila kita bisa membantu mereka untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Bagaimana seandainya setiap langkah kita bisa membantu mereka. Mengapa kita tidak memulainya dengan langkah kecil. Berikut adalah beberapa contoh langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka yang kurang beruntung.
1. 30 days challenge.
Ini bukan seperti film 30 hari mencari cinta yaa,, 30 days challenge adalah melakukan satu tindakan kecil untuk menghemat pengeluaran selama 30 hari dan menabungnya untuk sesuatu bagi orang lain. Contoh tindakan kecilnya seperti yang dilakukan oleh kakak Monita Tahalea, dia pernah melakukan 30 days challenge dengan komitmen minum air putih selama 30 hari, sehingga uang yang biasa dipakai buat ngopi” atau nge-teh imut bisa dikumpulkan dan digunakan untuk membantu anak” di Sumba Barat. Kakak Monita mengajak kita untuk Berani Bermimpi. Kita bisa juga mengunakan uang yang terkumpul untuk membeli buku dan menyumbangkannya kepada mereka yang membutuhkan.
2. Gopek daily.
Seperti namanya, gopek daily berarti 500 setiap hari. Jadi kita hanya perlu menyisihkan 500 rupiah setiap harinya. Uangnya bisa dipake buat apa aja bagi kebaikan orang lain. Cara ini yang saya dan teman-teman saya di CCC Sponsorship untuk mensponsori seorang anak. Dengan cara ini, kita bisa mengumpulkan 15ribu rupiah setiap bulannya. Sama kayak 30 days challenge, duit yang terkumpul juga bisa digunakan buat beli buku, atau alat tulis, atau baju seragam buat mereka yang membutuhkan.
3. Skip a meal.
Skip a meal ini bukan berarti ga makan sih. Langkah kecil ini cocok buat yang sering makan di luar rumah, jajan lah istilahnya. Skip a meal berarti melewatkan makan siang di luar trus uangnya yang biasa dipake buat jajan disisihkan atau ditabung, prinsipnya sama seperti 40 days challenge maupun gopek daily. Melewatkan makan siang ini bukan berarti ga makan lho, bisa bawa bekal makan siang sendiri atau makan siang di rumah, yang pasti uang jatah makan siangnya ditabung buat dipake kegiatan lain. Berikut adalah contoh skip a meal yang sukses dilakukan oleh seorang anak muda di Amerika untuk membantu anak” di Afrika. Mereka menyebutnya One Meal One Day
Nah itu tadi beberapa contoh langkah kecil untuk membuat perubahan. Kamu bisa mulai dari diri kamu sendiri lho, bisa juga dengan mulai mengajak teman-teman kamu untuk bareng-bareng bikin komitmen tersebut. Klo kamu aja bisa membuat sebuah perubahan kecil, kalo bareng-bareng efeknya bisa jadi lebih gede dong pastinya. Jadi tunggu apa lagi, ambil komitmen untuk memulai langkah kecil sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s