TOLERANSI: om telolet om, bagian kedua.

Tantangan menulis 30 hari
Hari kedua
Hari ini merupakan hari kedua tantangan menulis 30 hari, bertepatan dengan hari kedua di bulan januari di tahun 2017. Artinya, hari ini adalah hari kedua saya dan keluarga berkunjung ke rumah-rumah tetangga dan sanak family untuk saling bertemu menyambung silaturahmi, sekaligus saling meminta dan memberi maaf seperti yang umumnya dilakukan saat lebaran. Saya lahir dan besar di keluarga Kristen, tinggal di sebuah dusun yang satu RW Kristen semua. Namun bukan berarti saya hidup dari keluarga yang homogen. Keluarga besar saya, ya yang ini besar banget sih, menurut cerita-cerita yang disampaikan sih kita satu buyut. Emm, buyut itu istilah yang biasa kami tujukan kepada kakek-nenek dari orang tua kita. Cerita ini biasa saya dengar layaknya kuliah 2 sks tentang sejarah keluarga pas ngumpul saat lebaran atau tahun baru seperti ini. Jadi kala itu, anak-anak dari eyang buyut saya itu sebagian Kristen dan ada yang islam, dan semuanya sudah beranak pinak menjadi keluarga besar masing-masing.
Adalah pemandangan indah yang saya selalu saksikan, terutama di tahun ini dan tahun kemarin. Dalam budaya desa kami, tradisi maaf-maafan dilakukan pada saat memasuki tahun baru, dimana kami akan berkunjung dari satu rumah ke rumah lain untuk berkunjung dan bermaaf-maafan, persis yang dilakukan oleh teman-teman muslim saat lebaran.  Sewaktu kecil saya suka sekali kegiatan ini, dimana kami anak-anak kecil berkelompok berkunjung dari satu rumah ke rumah lain. Yang paling menyenangkan adalah memakai celana yang kantongnya banyak, jadi kami bisa membawa banyak permen pas pulang. Tentu saja ini bukan hal baik untuk dikerjakan, tapi nyatanya itulah kenakalan-kenakalan yang saya lakukan saat kecil. Jadi ketika masa tahun baru seperti ini, saudara-saudara jauh keluarga kami dari desa-desa seberang akan berkunjung ke rumah kami, saling meminta dan berbagi maaf. Acara berkunjung ini sudah rutin dilakukan setiap tahun. Kemudian pada saat lebaran, kebetulan saat lebaran kemarin saya bisa pulang ke rumah dan ikut berkunjung ke tempat saudara-saudara muslim saya dan melakukan hal yang sama. Mengucapkan selamat idul fitri, saling meminta dan berbagi maaf, dan tentu saja suguhan khas hari raya, makan opor dan ketupat. Hal ini adalah sebuah keindahan tersendiri bagi saya, terutama setelah munculnya banyak isu-isu yang beredar di media sosial tentang interaksi sosial antar umat beragama di Indonesia bulan-bulan kemarin. Melalui tulisan ini, saya ingin mengabarkan bahwa di desa kami, kehidupan seperti ini sudah biasa dilakukan dan tahun inipun masih dilakukan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama sangat bagus disini. Jadi kalau ada yang khawatir tentang ini, jangan khawatir dengan apa yang ada di sosial media, turunlah ke lapangan, masuklah ke dalam masyarakat dan akan melihat bahwa masyarakat kita ini masih banyak yang mengharapkan keindahan dalam keberagaman dan toleransi ini sebagai sesuatu yang harus dilestarikan.
Meskipun kenyataannya di media sosial isu interaksi antar umat beragama dikabarkan memanas dan merenggang, namun saya melihat kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat yang majemuk ini masih harmonis dan menjaganya tetap lestari, saya bersyukur masih boleh hidup dan menikmati keindahan ini. Saya mengajak kepada anda, yang membaca ini, apabila menemukan satu titik jenuh yang membuat anda seperti ingin meledak, tutuplah media sosial anda dan melangkahlah keluar, masih banyak keindahan yang bisa kita saksikan. Atau kalau anda sudah terlalu suntuk dengan berita-berita yang cenderung negative untuk diri anda, buatlah berita positif untuk diri anda sendiri, mulailah dengan menulis seperti yang saya lakukan. Atau anda bisa keluar menuju jalan raya terdekat, bawa secarik kertas dan tuliskan di kertas tersebut, “OM TELOLET OM!

Leave a Reply

