Pion Catur

Pion catur adalah bidak terkecil dalam permainan catur, salah satu dari enam jenis bidak yang ada dalam permainan tersebut. Berjajar di barisan paling depan, dan hanya bisa berjalan satu langkah ke depan. Seperti layaknya prajurit biasa di medan pertempuran, pion biasa maju duluan dan mati duluan. Demikianlah kira-kira yang biasa dilakukan oleh pecatur amatiran seperti saya dulu, eh sekarang masih amatir juga sih. Berbeda halnya dengan para pecatur profesional maupun para master maupun grandmaster.

Berbeda dengan prajurit sesungguhnya di medan perang, ada satu kemampuan istimewa yang dimiliki oleh pion yang tidak dimiliki oleh bidak lainnya. Kemampuan itu adalah transformasi. Sebuah pion yang mampu melangkah sampai ujung papan, atau sampai di garis akhir pertahanan musuhnya memiliki keistimewaan untuk menjadi bidak lain di barisan belakang, kecuali raja tentu saja. Kemampuan transformasi ini membuatnya muncul sebagai ancaman yang kemudian diperhitungkan. Kemampuannya untuk berubah dari pion menjadi ratu ini juga berbicara tentang determinasi, yaitu ketetapan hatinya untuk mencapai garis akhir. Memang langkah pion diatur oleh siapa yang memainkannya, namun di tangan pemain yang mahir, pion tentu saja bukan prajurit remeh seperti yang dipandang oleh pemain amatiran seperti saya.

Bila dalam catur bidak-bidak tersebut dimainkan oleh tangan-tangan pemain, dalam kehidupan kita lah yang harus mengatur bidak-bidak kita sendiri. Setiap manusia terlahir dengan berbagai macam kemampuan untuk berbagai macam tanggung jawab yang akan dihadapinya. Jika pion yang dianggap lemah memiliki potensi untuk menjadi yang terbesar, kita juga tentu memiliki potensi yang sama. Siapa yang berjuang pasti akan memperoleh hasil, bahkan kelemahan yang dimiliki bisa membuka potensi untuk menjadi kekuatan terbesar. Oh iya, pion tidak pernah melangkah mundur, jadi jangan pernah menyerah menghadapi hidup, biarkan hidup yang menyerah menghadapi kita.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s