Kebaikan Pasti Pulang

Saya percaya kebaikan itu menular. Setiap kebaikan yang ditaburkan akan disimpan oleh bumi, ditumbuhkan dan berbuah lalu kembali kepada penabur kebaikan dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada yang ditaburkan.

Sejak SMA, saya dan teman-teman dekat saya memiliki kebiasaan yang anti mainstream. Bila biasanya traktir-mentraktir adalah beban bagi yang sedang berulang tahun, maka kami yang akan bersekutu untuk mentraktir teman kami yang berulang tahun di hari bahagia tersebut di tempat yang dipilihnya. Saya melanjutkan kebiasaan ini sampai kuliah. Beberapa kali alih-alih meminta traktiran kepada teman yang berulang tahun, saya biasanya menawari teman dekat saya untuk saya traktir pas hari ulang tahunnya, ya selama isi dompet cukup pede sih. Bersyukurnya masih bisa beberapa kali menebarkan kebaikan ini kepada orang-orang di sekitar saya.

Tanpa pernah meminta hal yang sebaliknya, Tuhan sedang bekerja dalam jalannya yang ajaib untuk membalas hutang kebaikan yang saya lakukan. Hari ini adalah hari ulang tahun saya secara de facto, artinya secara kenyataan saya lahir malam ini. Namun secara de jure (secara legal dimata hukum) saya diakui terlahir tanggal esok harinya, atau tanggal 1 februari. Jadi saya bisa menyebut hari ini sebagai hari ulang tahun saya juga.

Sore ini, saya datang ke kampus untuk bertemu dengan teman saya. Saat saya sampai di kampusnya, dia sedang bersama dengan dosennya. Tak disangka, mereka akan makan siang (yang terlambat) dan mengajak saya ikut bersama mereka. Tuhan tuh emang romantis banget kalo bikin surprise. Akhirnya saya makan sepuasnya di hari ulang tahun saya dengan ditraktir oleh dosen teman saya ini. Kebaikan selalu kembali kepada penebar kebaikan. Teruslah lakukan kebaikan bagi orang-orang di sekitarmu, karena dengan demikian kamu akan membuat Tuhan berhutang kepadamu.

Leave a Reply

